SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Teknik Industri
Kode Mata Kuliah : TKI-307
Nama Mata Kuliah : Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : V
Mata Kuliah Pra Syarat : -
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mempelajari bagaimana membuat perencanaan produksi berdasarkan tingkat permintaan konsumen yang dipengaruhi oleh banyak hal, dengan menggunakan sumber daya seoptimal mungkin.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar perencanaan dan pengendalian produksi, serta memahami perbedaan sistem perencanaan dan pengendalian produksi untuk masing-masing sistem produksi (flow shop, job shop dan batch production)
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi Ajar | Waktu | Alat/Bahan/Sumber Belajar | Penilaian |
Mahasiswa memahami tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi | Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi | 1. Mendiskusikan siklus manufaktur 2. Mendiskusikan peran perencanaan dan pengendalian produksi | 1. Pengertian sistem produksi/manufaktur, 2. lingkup studi, terminologi 3. peran perencanaan produksi | 100’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [2], [4], [5] | Diskusi, tugas individu |
Mahasiswa mampu menganalisis permintaan dan membuat ramalan permintaan untuk keperluan perencanaan produksi | Mahasiswa mampu 1. Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data 2. menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand | 1. Mendiskusikan pemilihan metode peramalan yang sesuai dengan data 2. Meramalkan data yang ada dengan metode terpilih | 1. Macam-macam metode peramalan 2. Kesalahan peramlah untuk pemilihan metode 3. pengelolaan demand | 100’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [3]], [5] | Diskusi, quiz |
Memahami langkah-langkah pembuatan Jadwal Induk Produksi | Mahasiswa mampu 1. Melakukan proses agregasi dan disagregasi permintaan 2. Membuat JIP | 1. Membuat perencanaan agregat 2. Membuat disagregasi 3. Menghitung Jadwal Induk Produksi | 1. Perencanaan produksi agregat / disagregat 2. Jadwal produksi induk | 200’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [2], [4], [5] | Tugas individu, diskusi, Tes tertulis |
Mahasiswa mampu memahami perencanaan kapasitas | 1. Mampu menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar 2. Mampu membuat Material Requirement Planning 3. Mampu membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya | 1. Menghitung kebutuhan kapasitas kasar 2. Membuat Material Requirement Planning 3. Menghitung perencanaan kebutuhan kapasitas | 1. Perencanaan dan pengendalian persediaan 2. Rough cut capacity planning, 3. Capacity requirement planning, Overlapping splitting dan re-scheduling | 200’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [2], [4], [5] | Tugas individu, diskusi, quiz |
Mahasiswa mampu memahami rencana penjadwalan mesin pada lantai produksi dan mengendalikannya | 1. Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi 2. Mampu membuat pengendalian produksi | 1. Mengidentifikasi masalah penjadwalan dengan berbagai kondisi 2. Membuat penjadwalan mesin 3. Membuat penjadwalan tenaga kerja 4. Merancang lintas produksi | 1. Penjadwalann n job 1 mesin 2. Penjadwalan n job m mesin (flow shop dan job shop) 3. Penjadwalan tenaga kerja 4. Perancangan lintas produksi | 200’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [1], [2] | Diskusi, Tugas Mingguan Tes tertulis |
Mahasiswa memahami konsep produksi tepat waktu dan sistem kanban | 1. Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu 2. Mampu menentukan jumlah kanban | 1. Mendiskusikan sistem produksi tepat waktu 2. Menghitung jumlah kanban | 1. Just In Time 2. Kanban | 100’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [2], [5] | Diskusi, Tugas individu |
Mahasiswa memahami perbedaan sistem manufaktur berbasis pesanan dan berbasis stock serta mampu memahami jadwal produksi berbasis proyek | 1. Mampu membedakan sistem manufaktur 2. Membuat jadwal produksi berbasis proyek | 1. Mendiskusikan perbedaan system manufaktur 2. Membuat jadwal produksi berbasis proyek | 1. Theory of Constraint 2. Load Oriented Manufacturing Control 3. Project Management | 200’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [4], [5] | Diskusi, Tugas Mingguan, Tes tertulis |
Mahasiswa mampu memahami pendistribusian produk | 1. Mampu menjelaskan konsep SCM 2. Mampu membuat perencanaan distribusi produk | 1. Mendiskusikan konsep SCM 2. Mendiskusikan pendistribusian produk | 1. Supply Chain Management 2. Distribution Requirement Planning | 100’ | - LCD , Laptop, OHP,Whiteboard [2], [4], [5] | Diskusi, tugas individu |
Daftar Referensi:
1. Betworth,et al, 1987, Integrated Production Control System, John Wiley & Sons, Singapore
2. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
3. Makridakis, Spyros, Wheelright, Steven C and Mc Gee, Victor, Forecasting, methods and Applications, 2nd edition, John Wiley and Sons, New York
4. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
5. Nasution, Arman Hakim, 1990, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, edisi kedua, Guna Widya
6. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Lingkup dan Peran Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 1 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar perencanaan dan pengendalian produksi, serta memahami perbedaan sistem perencanaan dan pengendalian produksi untuk masing-masing sistem produksi (flow shop, job shop dan batch production) |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa memahami tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi |
III. Indikator: Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi |
IV. Materi Ajar: 1. Pengertian sistem produksi/manufaktur, 2. lingkup studi, terminologi 3. peran perencanaan produksi |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud siklus manufaktur dan peran perencanaan dan pengendalian produksi secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/BAhan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar 1. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati 2. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition 3. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI 307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Peramalan |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 2 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu menganalisis permintaan dan membuat ramalan permintaan untuk keperluan perencanaan produksi |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu : 1. Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data 2. Menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand |
III. Indikator: Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat 1. Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data 2. Menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand |
IV. Materi Ajar: 1. Macam-macam metode peramalan 2. Kesalahan peramlah untuk pemilihan metode 3. pengelolaan demand |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud peramalan, metode peramalan dan pengelolaan demand secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar 1. Makridakis, Spyros, Wheelright, Steven C and Mc Gee, Victor, Forecasting, methods and Applications, 2nd edition, John Wiley and Sons, New York 2. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 3 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Jadwal Produksi Induk |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 3 dan 4 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah pembuatan Jadwal Induk Produksi |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu : 1. Melakukan proses agregasi dan disagregasi permintaan 2. Membuat JIP |
III. Indikator: Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat 1. Melakukan proses agregasi dan disagregasi permintaan 2. Membuat JIP |
IV. Materi Ajar: 1. Perencanaan produksi agregat / disagregat 2. Jadwal produksi induk |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Jadwal Produksi Induk secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar 1. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati 2. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition 3. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Perencanaan Kapasitas |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 5 dan 6 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa memahami memahami perencanaan kapasitas |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu 1. Menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar 2. Membuat Material Requirement Planning 3. Membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya |
III. Indikator: 1. Menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar 2. Membuat Material Requirement Planning 3. Membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya |
IV. Materi Ajar: 1. Kebutuhan kapasitas secara kasar 2. Material Requirement Planning 3. Kebutuhan kapasitas detil dan validasinya |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan perencanaan kapasitas secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar : 1. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati 2. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition 3. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
|
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Penjadwalan |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 7 dan 8 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami rencana penjadwalan mesin pada lantai produksi dan mengendalikannya |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu 1. Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi 2. Mampu membuat penjadwalan tenaga kerja 3. Mampu merancang lintas produksi |
III. Indikator: 1. Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi 2. Mampu membuat penjadwalan tenaga kerja 3. Mampu merancang lintas produksi |
IV. Materi Ajar: 1. Penjadwalan mesin pada lantai produksi 2. Penjadwalan tenaga kerja 3. Perancangan lintas produksi |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan penjadwalan mesin, penjadwalan tenaga kerja dan perancangan lintas produksi secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar : 1. Betworth,et al, 1987, Integrated Production Control System, John Wiley & Sons, Singapore 2. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI 307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Just in Time |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 9 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami konsep produksi tepat waktu dan sistem kanban |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu 1. Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu 2. Mampu menentukan jumlah kanban |
III. Indikator: 1. Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu 2. Mampu menentukan jumlah kanban |
IV. Materi Ajar: 1. Produksi tepat waktu 2. Kanban |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Just-in time dan kanban secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar : 1. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati 2. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Sistem manufaktur |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 10 dan 11 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem manufaktur berbasis pesanan dan berbasis stock serta mampu memahami jadwal produksi berbasis proyek |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu 1. Mampu membedakan sistem manufaktur 2. Membuat jadwal produksi berbasis proyek |
III. Indikator: 1. Mampu membedakan sistem manufaktur 2. Membuat jadwal produksi berbasis proyek |
IV. Materi Ajar: 1. Macam-macam sistem manufaktur 2. Jadwal produksi berbasis proyek |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan macam-macam sistem manufaktur secara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar : 1. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition 2. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen | : | Siti Nandiroh |
Program Studi | : | Teknik Industri |
Kode Mata Kuliah | : | TKI-307 |
Nama Mata Kuliah | : | Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
Jumlah SKS | : | 2 |
Semester | : | V |
Pokok Bahasan | : | Distribution Requirement Planning |
Alokasi Waktu | : | 100 menit |
Pertemuan ke | : | 12 |
I. Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami pendistribusian produk |
II. Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu 1. Mampu menjelaskan konsep SCM 2. Mampu membuat perencanaan distribusi produk |
III. Indikator: 1. Mampu menjelaskan konsep SCM 2. Mampu membuat perencanaan distribusi produk |
IV. Materi Ajar: 1. Konsep SCM 2. Perencanaan distribusi produk |
V. Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan |
VI. Tahap Pembelajaran A. Tahap Awal Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Distribution Requirement Planning cara singkat B. Kegiatan Inti - Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi - Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi - Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok - Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok - Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi C. Kegiatan Akhir Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan review keseluruhan materi dalam mata kulian ini |
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media : LCD, Laptop B. Bahan/Sumber Belajar : 1. Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati 2. Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition 3. Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition |
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrument penilaian : 1. Hasil diskusi 2. Keaktifan dalam diskusi B. Kriteria penilaian NT = 40% D + 30% PF +30% Ps Keterangan : NT = Nilai Total D = Diskusi PF = Porto folio Ps = Proses |