Custom Search

Selasa, 19 April 2011

Perencanaan dan Pengendalian Produksi


SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                       :  Teknik Industri
Kode Mata Kuliah                :  TKI-307
Nama Mata Kuliah               :  Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS                           :  2 SKS
Semester                                 :  V
Mata Kuliah Pra Syarat       :  -
Deskripsi Mata Kuliah         :
Mata kuliah ini mempelajari bagaimana membuat perencanaan produksi berdasarkan tingkat permintaan konsumen yang dipengaruhi oleh banyak hal, dengan menggunakan sumber daya seoptimal mungkin.

Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar perencanaan dan pengendalian produksi, serta memahami perbedaan sistem perencanaan dan pengendalian produksi untuk masing-masing sistem produksi (flow shop, job shop dan batch production)

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
Mahasiswa memahami tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi

Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi


1.   Mendiskusikan siklus manufaktur
2.   Mendiskusikan peran perencanaan dan pengendalian produksi
1.      Pengertian sistem produksi/manufaktur,
2.      lingkup studi, terminologi
3.      peran perencanaan produksi
100’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
[2], [4], [5]
Diskusi, tugas individu
Mahasiswa mampu
 menganalisis permintaan dan membuat ramalan permintaan untuk keperluan perencanaan produksi
Mahasiswa mampu
1.     Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data
2.     menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand

1.   Mendiskusikan pemilihan metode peramalan yang sesuai dengan data
2.    Meramalkan data yang ada dengan metode terpilih
1.      Macam-macam metode peramalan
2.      Kesalahan peramlah untuk pemilihan metode
3.      pengelolaan demand
100’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [3]], [5]
Diskusi, quiz
Memahami langkah-langkah pembuatan Jadwal Induk Produksi
Mahasiswa mampu
1.     Melakukan     proses agregasi dan disagregasi permintaan
2.     Membuat JIP

1.   Membuat perencanaan agregat
2.   Membuat disagregasi
3.   Menghitung Jadwal Induk Produksi
1.      Perencanaan produksi agregat / disagregat
2.      Jadwal produksi induk
200’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [2], [4], [5]
Tugas individu, diskusi,
Tes tertulis
Mahasiswa mampu memahami perencanaan kapasitas
1.     Mampu menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar
2.     Mampu membuat Material Requirement Planning
3.     Mampu membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya
1.   Menghitung kebutuhan kapasitas kasar
2.   Membuat Material Requirement Planning
3.   Menghitung perencanaan kebutuhan kapasitas
1.   Perencanaan dan pengendalian persediaan
2.   Rough cut capacity planning,
3.   Capacity requirement planning, Overlapping splitting dan re-scheduling
200’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [2], [4], [5]
Tugas individu, diskusi, quiz
Mahasiswa mampu memahami rencana penjadwalan mesin pada lantai produksi dan mengendalikannya
1.      Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi
2.      Mampu membuat pengendalian produksi
1.   Mengidentifikasi masalah penjadwalan dengan berbagai kondisi
2.   Membuat penjadwalan mesin
3.   Membuat penjadwalan tenaga kerja
4.   Merancang lintas produksi
1.   Penjadwalann n job 1 mesin
2.   Penjadwalan n job m mesin (flow shop dan job shop)
3.   Penjadwalan tenaga kerja
4.   Perancangan lintas produksi
200’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
[1], [2]
Diskusi, Tugas Mingguan
Tes tertulis
Mahasiswa memahami konsep produksi tepat waktu dan sistem  kanban
1.     Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu
2.     Mampu menentukan jumlah kanban
1.   Mendiskusikan sistem produksi tepat waktu
2.   Menghitung jumlah kanban
1.   Just In Time
2.   Kanban

100’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [2], [5]
Diskusi, Tugas individu
Mahasiswa memahami perbedaan sistem manufaktur berbasis pesanan dan berbasis stock serta mampu memahami jadwal produksi berbasis proyek
1.     Mampu membedakan sistem manufaktur
2.     Membuat jadwal produksi berbasis proyek
1.   Mendiskusikan perbedaan system manufaktur
2.   Membuat jadwal produksi berbasis proyek
1.   Theory of Constraint
2.   Load Oriented Manufacturing Control
3.   Project Management
200’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [4], [5]
Diskusi,
Tugas Mingguan,
Tes tertulis
Mahasiswa mampu memahami pendistribusian produk
1.     Mampu menjelaskan konsep SCM
2.     Mampu membuat perencanaan distribusi produk
1.   Mendiskusikan konsep SCM
2.   Mendiskusikan pendistribusian produk

1.      Supply Chain Management
2.      Distribution Requirement Planning
100’
-    LCD , Laptop,       OHP,Whiteboard
   [2], [4], [5]
Diskusi, tugas individu

Daftar Referensi:
1.      Betworth,et al, 1987, Integrated Production Control System, John Wiley & Sons, Singapore
2.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
3.      Makridakis, Spyros, Wheelright, Steven C and Mc Gee, Victor, Forecasting, methods and Applications, 2nd edition, John Wiley and Sons, New York
4.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
5.      Nasution, Arman Hakim, 1990, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, edisi kedua, Guna Widya
6.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Lingkup dan Peran Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
1

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar perencanaan dan pengendalian produksi, serta memahami perbedaan sistem perencanaan dan pengendalian produksi untuk masing-masing sistem produksi (flow shop, job shop dan batch production)

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa memahami tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi

    III.      Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tahapan dalam siklus manufaktur, dan peran perencanaan dan pengendalian produksi

    IV.      Materi Ajar:
1.      Pengertian sistem produksi/manufaktur,
2.      lingkup studi, terminologi
3.      peran perencanaan produksi

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud siklus manufaktur dan peran perencanaan dan pengendalian produksi secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi

C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/BAhan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
2.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
3.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses
























RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI 307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Peramalan
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
2

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu menganalisis permintaan dan membuat ramalan    permintaan untuk keperluan perencanaan produksi

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa  mampu :
1.      Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data
2.      Menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand

    III.      Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      Memilih metode peramalan yang sesuai dengan data
2.      Menggunakan metode peramalan untuk menentukan demand

    IV.      Materi Ajar:
1.      Macam-macam metode peramalan
2.      Kesalahan peramlah untuk pemilihan metode
3.      pengelolaan demand

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan


    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan   menjelaskan tentang apa yang dimaksud peramalan, metode peramalan dan pengelolaan demand secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi


C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan   berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Makridakis, Spyros, Wheelright, Steven C and Mc Gee, Victor, Forecasting, methods and Applications, 2nd edition, John Wiley and Sons, New York
2.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses

























RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
3
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Jadwal Produksi Induk
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
3 dan 4

          I.      Standar Kompetensi
   Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah pembuatan Jadwal Induk Produksi

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa  mampu :
1.      Melakukan     proses agregasi dan disagregasi permintaan
2.      Membuat JIP

    III.      Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      Melakukan     proses agregasi dan disagregasi permintaan
2.      Membuat JIP

    IV.      Materi Ajar:
1.      Perencanaan produksi agregat / disagregat
2.      Jadwal produksi induk

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Jadwal Produksi Induk secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi


C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar
1.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
2.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
3.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses
























RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Perencanaan Kapasitas
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
5 dan 6

          I.      Standar Kompetensi
   Mahasiswa memahami memahami perencanaan kapasitas

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu
1.      Menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar
2.      Membuat Material Requirement Planning
3.      Membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya

    III.      Indikator:
1.      Menghitung kebutuhan kapasitas secara kasar
2.      Membuat Material Requirement Planning
3.      Membuat kebutuhan kapasitas detil dan validasinya

    IV.      Materi Ajar:
1.      Kebutuhan kapasitas secara kasar
2.      Material Requirement Planning
3.      Kebutuhan kapasitas detil dan validasinya

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan perencanaan kapasitas  secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi


C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar        :
1.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
2.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
3.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses










 
 



















RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Penjadwalan
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
7 dan 8

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami rencana penjadwalan mesin pada lantai produksi dan mengendalikannya

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu
1.      Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi
2.      Mampu membuat penjadwalan tenaga kerja
3.      Mampu merancang lintas produksi

    III.      Indikator:
1.      Mampu membuat penjadwalan mesin pada lantai produksi
2.      Mampu membuat penjadwalan tenaga kerja
3.      Mampu merancang lintas produksi

    IV.      Materi Ajar:
1.      Penjadwalan mesin pada lantai produksi
2.      Penjadwalan tenaga kerja
3.      Perancangan lintas produksi

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan penjadwalan mesin, penjadwalan tenaga kerja dan perancangan lintas produksi  secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi

C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar        :
1.      Betworth,et al, 1987, Integrated Production Control System, John Wiley & Sons, Singapore
2.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses


























RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI 307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Just in Time
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
9

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep produksi tepat waktu dan sistem  kanban

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu
1.      Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu
2.      Mampu menentukan jumlah kanban

    III.      Indikator:
1.      Mampu menjelaskan konsep produksi tepat waktu
2.      Mampu menentukan jumlah kanban

    IV.      Materi Ajar:
1.      Produksi tepat waktu
2.      Kanban

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Just-in time dan kanban  secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi
C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar        :
1.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
2.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses





























RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Sistem manufaktur
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
10 dan 11

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem manufaktur berbasis pesanan dan    berbasis stock serta mampu memahami jadwal produksi berbasis proyek

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu
1.      Mampu membedakan sistem manufaktur
2.      Membuat jadwal produksi berbasis proyek

    III.      Indikator:
1.      Mampu membedakan sistem manufaktur
2.      Membuat jadwal produksi berbasis proyek

    IV.      Materi Ajar:
1.      Macam-macam sistem manufaktur
2.      Jadwal produksi berbasis proyek

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan macam-macam sistem manufaktur  secara singkat
B.     Kegiatan Inti
-          Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-          Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-          Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-          Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi


C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan tugas untuk pertemuan berikutnya

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar        :
1.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
2.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses























 





RENCANA MUTU PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Siti Nandiroh
Program Studi
:
Teknik Industri
Kode Mata Kuliah
:
TKI-307
Nama Mata Kuliah
:
Perencanaan dan Pengendalian Produksi
Jumlah SKS
:
2
Semester
:
V
Pokok Bahasan
:
Distribution Requirement Planning
Alokasi Waktu
:
100 menit
Pertemuan ke
:
12

          I.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami pendistribusian produk

       II.      Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu
1.      Mampu menjelaskan konsep SCM
2.      Mampu membuat perencanaan distribusi produk

    III.      Indikator:
1.      Mampu menjelaskan konsep SCM
2.      Mampu membuat perencanaan distribusi produk

    IV.      Materi Ajar:
1.      Konsep SCM
2.      Perencanaan distribusi produk

       V.      Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi, penugasan

    VI.      Tahap Pembelajaran
A.    Tahap Awal
Dosen menjelaskan secara umum materi yang akan dibahas dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Distribution Requirement Planning cara singkat
B.     Kegiatan Inti
-       Dosen menjelaskan materi lewat ceramah dan diskusi
-       Dosen menbagi mahasiswa dalam kelompok-kelompok diskusi
-       Dosen memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
-       Dosen memberikan komentar dan arahan hasil diskusi
C.     Kegiatan Akhir
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan review keseluruhan materi dalam mata kulian ini

 VII.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media                          : LCD, Laptop
B.     Bahan/Sumber Belajar        :
1.      Fogarty, D.W, Blackstone,J.H and Hoffmann, 1991, Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co, Cincinnati
2.      Nahmias, Steven, 2001, Production and Operations Analysis, Mc Graw Hill International Edition
3.      Tersine, Richard J, 1994, Principles of Inventory and Materials Management, Prentice Hall International Edition

VIII.      Penilaian
A.    Teknik dan instrument penilaian :
1.      Hasil diskusi
2.      Keaktifan dalam diskusi
B.     Kriteria penilaian
NT = 40% D + 30% PF +30% Ps
Keterangan :
NT = Nilai Total
D   = Diskusi
PF = Porto folio
Ps  = Proses






















Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification