Custom Search

Selasa, 19 April 2011

Kepercayaan:apakah bernilai langka, terlalu mahal untuk ditiru atau tidak ada produk penggantinya


Pendahuluan

                kepercayaan barasal dari kata percaya yang  berarti kita yakin terhadap sesuatu atau seseorang yang kita anggap benar.Saat ini kepercayaan sangat jarang dan langka kita ditemui di berbagai kehidupan sehari-hari.Terutama di dunia kerja persaingan antar perusahaan sangat ketat maka di butuhkan sebuah kepercayaan, dengan kepercayaan yang di berikan sebuaah perusahaan kepada para pelanggan atau konsumen akan merasa puas dan tidak merasa kecewa dengan produk atau pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan atau konsumen
kasus yang kami diskusikan ada 3 perusahaan yaitu:
1.      Anderson & Associates            
            Perusahaan ini menerapkan manajen buku terbuka dimana semua informasi keuangan perusahaan, dan gaji karyawan tidak ditutup-tutupi dan berdasarkan kapercayaan sehingga para pegawai yang bekerja tetap setia

2.      Radius
            sebuah restoran yang malayani makanan-makanan Prancis salah satu kunci kesuksesan restoran ini adalah kerja sama tim.           
                        Dimana restoran ini terdiri dari berbagai stasiun kerja yaitu stasiun daging, stasiun pastri, stasiun ikan, dan sebagainya tiap-tiap stasiun kerja saling percaya mengenai kualitas bahan yang dihsilkan stasiun tersebut untuk dimasak juru masak (koki)sehingga menghasilkan masakan yang istimewa dan lezat
3.      MTW Corp
            Perusahaan yang menyediakan perangkat lunak  dan aplikasi internet untuk sektor jasa keuangan dan pemerintah.Perusahaan ini mengadakan perjanjian pengharapan yang disetujui oleh individu, bos, dan tim kerja.karena  terdiri dari 7 kantor regional maka tiap orang saling membutuhkan untuk memenuhi tugas yang melibatkan banyak pihak

Analisis SWOT
Dari kasus di atas dapat di petakan kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan
Kekuatan
·         Dapat di percaya
·         Mengutamakan kepuasan pelanggan
·         Kondisi kerja yang harmonis
·         Kerja sama team
Kelemahan
·         Sulit mencari orang yang dapat di percaya
·         Resiko tinggi
·         Sangat tergantung terhadap kinerja pegawai yang telah di percaya
Peluang
·         Pesaing sedikit
·         Menguasai pasaran
Ancaman/hambatan
·         Kurangnya inovasi produk
·         Perusahaan akan rentan terhadap tindakan-tindakan pesaing
·         Pelanggan/konsumen tidak mudah puas


Analisis
Kekuatan
·         Dapat di percaya
·         Mengutamakan kepuasan pelanggan
·         Kondisi kerja yang harmonis
·         Kerja sama team solid

Kelemahan
·         Sulit mencari orang yang dapat di percaya
·         Resiko tinggi
·         Sangat tergantung terhadap kinerja pegawai yang telah di percaya
Peluang
·         Pesaing sedikit
·         Menguasai pasaran
Kekuatan-peluang
·         Mempertahankan tingkat kepercayaan
·         Lebih selektif dalam memilih pegawai





Kelemahan-peluang
·         Meningkatkan promosi /iklan karena pesaing sedikit

Ancaman
·         Kurangnya inovasi produk
·         Perusahaan akan rentan terhadap tindakan-tindakan pesaing
·         Pelanggan/konsumen tidak mudah puas


Kekuatan-ancaman
·         Meningkatkan kerja sama team
·         Meningkatkan kreatifitas


Kelemahan-ancaman
·         Meningkatkan kualitas pelayanan/produk
·         Mempererat konsolidasi antar manajeman dan pegawai

Rencana strategi yang akan dilakukan adalah :

·         Mempertahankan tingkat kepercayaan
·         Lebih selektif dalam memilih pegawai
·         Meningkatkan promosi /iklan karena pesaing sedikit
·         Meningkatkan kerja sama team
·         Meningkatkan kreatifitas
·         Meningkatkan kualitas pelayanan/produk
·         Mempererat konsolidasi antar manajeman dan pegawai

Kesimpulan
            Kepercayaan dalam dunia usaha akan berpengaruh signifikan terhadap penjualan, laba dan kepuasan pelanggan atau konsumen.Dengan kepercayaan juga dapat mengurangi biaya untuk mengontrol dan memonitor perilaku individu dan kelompok pekerja.Kepercayaan  sanagt bernilai karena jarang orang yang dapat dipercaya kepercyaan juga tidak dapat dinilai dengan angka.Strategi yang dilakukanMempertahankan tingkat kepercayaan, Lebih selektif dalam memilih pegawai, Meningkatkan promosi /iklan karena pesaing sedikit, Meningkatkan kerja sama team, Meningkatkan kreatifitas, Meningkatkan kualitas pelayanan/produk, Mempererat konsolidasi antar manajeman dan pegawai.Dengan usaha tadi diharapkan perusaahan akan menjadi perusahaan yang lebih maju dan dapat bersaing dengan perusahaan lain.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification